SILABUS BERMUATAN NILAI KARAKTER | ||||||||||||||||
Nama Satuan Pendidikan | : SMA Negeri 7 Semarang | |||||||||||||||
Program/Semester | : XI IPA/IPS/BHS/ 1 | |||||||||||||||
Tahun Pelajaran | : 2011/ 2012 | |||||||||||||||
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Nilai Karakter | Alokasi Waktu | |||||||||
Tatap Muka | Penugasan Terstruktur (PT) | Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT) | ||||||||||||||
(TM) | (Menit) | |||||||||||||||
Membaca | ||||||||||||||||
2 | Merespon makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk reports, narative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari Memahami makna yang terdapat dalam public speaking dalam konteks akademik | 2.2 | Merepon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition | teks berbentuk : reports, narrative, analytical exposition | * | Active Learning type E2 | * | Mengeksplorasi untuk mencari cerita narrative -fabel | * | menuliskan pengalaman yg diperoleh selama diskusi kelompok. | * | Menyebutkan cerita narrative erbentuk fabel. | Kognitif : | 2 x 45 | ||
* | Membaca nyaring | Reading Comprehension | toleransi | |||||||||||||
1. | Secara kelompok :1. Secara berkelompok siswa menyebutkan beberapa cerita narrative. | * | Mengkaji cerita fabel yang dibaca dengan mencari makna kata/phrasa, ide utama, nilai karakter, menganalisa, menyimpulkan dan mengkritisi | * | benar-benar melakukan nilai karakter yang dipelajarinya, baik secara langsung maupun tidak langsung. | * | menemukan makna kata/frasa | jujur | ||||||||
* | menemukan ide utama. | Psikomotor: membaca nyaring | Semangat kebangsaan | |||||||||||||
* | menunjukkan nilai karakter lakon dlm cerita | |||||||||||||||
Afektif : | Cunta tanah air | |||||||||||||||
2. | Secara bergilir dlm kelompok siswa membaca contoh cerita narrative dengan nyaring | * | menyimpulkan pesan moral dal cerita | Proses | ||||||||||||
* | terlibat dalam berbagai dialog otentik dengan orang lain, di luar teman-teman sekelasnya (di website, melalui email, SMS atau dalam kehidupan nyata). | Cinta damai | ||||||||||||||
* | menganalisa text narrativemenunjukkan nilai karakter | gemar membaca | ||||||||||||||
bertanggung jawab | ||||||||||||||||
* | merespon/ mengkritisi makna dalam teks narrative. | |||||||||||||||
3. | Evaluasi | |||||||||||||||
Tuesday, 15 October 2013
SILABUS BERMUATAN KARAKTER
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment