Tuesday 15 October 2013

SILABUS BERMUATAN KARAKTER

SILABUS BERMUATAN NILAI KARAKTER
Nama Satuan Pendidikan : SMA Negeri 7 Semarang
Program/Semester : XI IPA/IPS/BHS/ 1
Tahun Pelajaran : 2011/ 2012
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran   Kegiatan  Pembelajaran   Indikator Penilaian Nilai  Karakter Alokasi Waktu
   
  Tatap Muka   Penugasan Terstruktur (PT) Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)  
      (TM)     (Menit)
Membaca                            
2 Merespon makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk reports, narative, dan analytical exposition  dalam konteks kehidupan sehari-hari Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari Memahami makna yang terdapat dalam public speaking dalam konteks akademik  2.2 Merepon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition  teks berbentuk : reports, narrative, analytical  exposition * Active Learning type E2 * Mengeksplorasi untuk mencari cerita narrative -fabel * menuliskan pengalaman yg diperoleh selama diskusi kelompok. * Menyebutkan cerita narrative erbentuk fabel. Kognitif :   2 x 45
            * Membaca nyaring   Reading Comprehension toleransi  
    1. Secara kelompok :1. Secara berkelompok siswa  menyebutkan  beberapa cerita narrative.  * Mengkaji  cerita fabel yang dibaca dengan mencari makna kata/phrasa, ide utama, nilai karakter, menganalisa, menyimpulkan dan mengkritisi  * benar-benar melakukan nilai karakter  yang dipelajarinya, baik secara langsung maupun tidak langsung.  * menemukan makna kata/frasa jujur  
      * menemukan ide utama. Psikomotor: membaca nyaring Semangat kebangsaan  
            * menunjukkan nilai karakter lakon dlm cerita    
          Afektif : Cunta  tanah air  
    2.  Secara bergilir dlm kelompok siswa  membaca contoh cerita narrative dengan nyaring      * menyimpulkan pesan moral dal cerita Proses     
          *  terlibat dalam berbagai dialog otentik dengan orang lain, di luar teman-teman sekelasnya (di website, melalui email, SMS atau dalam kehidupan nyata).      Cinta damai  
                 
                * menganalisa text narrativemenunjukkan nilai karakter   gemar membaca  
                     
                  bertanggung jawab  
               
              * merespon/ mengkritisi makna dalam teks narrative.      
        3. Evaluasi              
                   
                     
                     
                       
                   
                   
                       
                       
                               

No comments:

Post a Comment