Wednesday 27 March 2013

RPP FABLE



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                             :  SMA NEGERI 7 Semarang
Mata pelajaran                                   :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                   :  XI/1
Keterampilan yg difokuskan             :  Reading
Genre                                                  :  Narrative – Fable
Alokasi waktu                                     :  4 x 45 menit

         I. STANDAR KOMPETENSI          
5. Reading
Memahami makna teks tulis yang berbentuk Narrative - Fable  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

II. KOMPETENSI  DASAR 
5.2.a.  Merespon makna dan langkah retorika dalam teks berbentuk Narrative- Fable  yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

III. INDIKATOR
A.    Kognitif
1.      Produk:
1.             menyimpulkan pesan moral dalam teks narrative. 
2.             Merespon/ mengkritisi makna dalam teks narrative .

2.      Proses :

1.             menyebutkan  beberapa cerita narrative.
2.             menemukan makna kata/ phrasa dalam teks narrative.
3.             Menemukan gambaran umum , informasi tertentu/ rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis  berbentuk  narrative.
4.             menunjukkan  nilai karakter   dari pemeran lakon  dalam cerita narrative.    
5.             Menganalisa teks narrative berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan.

B.     Psikomotor
1.             Membaca teks  Narrative dengan nyaring.

C.     Afektif
 Mengembangkan sikap untuk :
1.        menjadi pendengar yang baik.
2.        Berpartisipasi dalam kelompok.
3.        Berbagi pengalaman.
4.        Membandingkan perilaku  baik  dengan perilaku  buruk.


D.    Pendidikan Karakter
Mengembangkan sikap :
1.        toleran
2.        cinta damai,
3.        gemar membaca,
4.        bertanggung jawab.

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
A.    Kognitif
1.      Produk
1.        Disajikan teks narrative siswa mampu menyimpulkan pesan moral dengan benar. 
2.        Disajikan teks narrative siswa mampu mengkritisi makna dalam teks dengan benar.

2.      Proses
1.        Disajikan beberapa gambar dan judul cerita siswa mampu menyebutkan  beberapa cerita narrative dengan benar.
2.        Disajikan teks tulis berbentuk narrative siswa mampu menemukan makna kata/ phrasa dalam teks tersebut dengan benar.
3.        Disajikan teks tulis  berbentuk narrative siswa mampu menemukan gambaran umum , informasi tertentu/ rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan benar.
4.        Disajikan teks tulis  berbentuk narrative siswa mampu menunjukkan  nilai karakter   dari pemeran lakon dalam cerita dengan benar.    
5.       Disajikan teks tulis  berbentuk narrative siswa mampu menganalisa teks tersebut berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan dengan benar.

B.     Psikomotor
1.        Disajikan   teks tulis berbentuk  narative, siswa mampu membaca teks tersebut dengan nyaring.

C.     Afektif
Dengan model pembelajaran active learning tipe E2 siswa dapat :
1.        menjadi pendengar yang baik.
2.        Berpartisipasi dalam kelompok.
3.        Berbagi pengalaman.
4.        Membandingkan perilaku  baik  dengan perilaku  buruk.

D.    Pendidikan Karakter
Dengan model pembelajaran active learning tipe E2 pada text narrative siswa dapat mengembangkan sikap :
1.              semangat kebangsaan ,
2.              cinta damai,
3.              gemar membaca,
4.              ertanggung jawab.

V. MODEL,PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
a.       Model Pembelajaran : Active Learning

b.      Teknik Pembelajaran
a.       Active Learning tipe E2
b.      Question and Answer

 VI. BAHAN AJAR

Teks Narrative: 

·         Fable


 V. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.    PENDAHULUAN
   
Kegiatan Guru
Kegiatan  Siswa

Awal (+ 10 menit)

1.           Guru memberi salam
2.           memotivasi  dengan memberi  pertanyaan “apakah mereka suka membaca ?”
3.           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran




1.      Siswa membalas sapaan guru
2.      Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
3.      Siswa menyimak penjelasan guru
Inti :
Explorasi
1.         Guru meminta siswa untuk menyebutkan  beberapa cerita narrative.
2.         Guru meminta siswa untuk membaca  contoh cerita narrative dengan nyaring.

Elaborasi
1.      Guru membimbing siswa  membentuk  kelompok kecil untuk menyebutkan  beberapa cerita narrative.

2.      Guru membimbing siswa  membentuk  kelompok kecil untuk  menemukan makna kata/ phrasa dalam teks narrative.


3.      Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil  untuk menemukan gambaran umum , informasi tertentu/ rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis  berbentuk  narrative.

4.      Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil untuk menunjukkan  nilai karakter   dari pemeran lakon  dalam cerita narrative.    

5.      Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil untuk  menganalisa teks narrative berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan.

6.      Guru membimbing siswa membentuk  kelompok kecil untuk menyimpulkan pesan moral dalam teks narrative.  

7.      Guru membimbing siswa membentuk  kelompok kecil uk  kelompok kecil untuk merespond/ mengkritisi makna dalam teks nrrative .


Konfirmasi
1.      Guru memberi umpan balik dengan memberi rubrik evaluasi diri siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu merespon makna dalam teks narrative.




1.      Siswa menyebutkan  beberapa cerita narrative.
2.      Secara bergilir siswa  membaca contoh cerita narrative dengan nyaring.



1.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk untuk menyebutkan  beberapa cerita narrative.


2.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk untuk  menemukan makna kata/ phrasa dalam teks narrative.


3.      Siswa membentuk kelompok kecil  untuk menemukan gambaran umum , informasi tertentu/ rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis  berbentuk  narrative.


4.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk menunjukkan  nilai karakter   dari pemeran lakon  dalam cerita.  


5.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk menganalisa teks narrative berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan 


6.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk menyimpulkan pesan moral dalam teks narrative.  

7.      Siswa membentuk  kelompok kecil untuk merespond/ mengkritisi makna dalam teks narrative .



1.      Siswa melaksanakan evaluasi diri dengan mengerjakan soal dalam rubrik evauasi diri.
Akhir
Closure (10 menit)
1.   Guru memberi evaluasi dengan quiz.



1.     Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan  teks narrative yang diberikan.



VI. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.         Sumber:
1.    Buku teks untuk SMA kelas XI semester I...........
2.    Teks-teks narrative  berbentuk fabel
b.        Media
1.    Gambar
2.    Internet .......

VII. TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Sebagai tugas mandiri tidak  terstruktur, siswa diminta untuk  :
1.      menuliskan tentang apa yang mereka pelajari, apa peran pengetahuan yang dipelajarinya untuk kehidupan mereka sendiri, bagaimana hal ini membuat mereka merasa, dan sebagainya.

2.      benar-benar melakukan nilai karakter  yang dipelajarinya, baik secara langsung maupun tidak langsung.

3.      terlibat dalam berbagai dialog otentik dengan orang lain, di luar teman-teman sekelasnya (di website, melalui email, SMS atau dalam kehidupan nyata).

VIII. EVALUASI
1.      Jenis               : Tes tertulis
Bentuk tes     : Reading comprehension questions,
      Waktu            : 20  menit
      Jumlah soal    : 10  soal

2.      Jenis               : Penilaian Proses
Bentuk tes     : 1. Rubrik penilaian karakter
  2. Rubrik penilaian ‘Reading aloud’.
  3. Rubrik penilaian afektif.

     

Semarang,  2 Juli   2012
      Mengetahui
      Kepala SMA Negeri 7 Semarang.                                     Guru Mata Pelajaran,
    




      Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd.,MM                                        Sri Muryati, MPd.
      NIP. 19560615 197903 2 005                                          NIP. 19530515 197903 2 006

No comments:

Post a Comment