RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 7 Semarang
Mata pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Keterampilan yg difokuskan : Reading
Genre :
Narrative – Fable
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
5. Reading
Memahami makna teks tulis yang berbentuk Narrative - Fable secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan.
II. KOMPETENSI DASAR
5.2.a. Merespon makna dan langkah retorika dalam teks
berbentuk Narrative- Fable yang menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan.
III. INDIKATOR
A.
Kognitif
1.
Produk:
1.
menyimpulkan
pesan moral dalam teks narrative.
2.
Merespon/
mengkritisi makna dalam teks narrative .
2.
Proses :
1.
menyebutkan beberapa cerita narrative.
2.
menemukan makna kata/ phrasa dalam teks
narrative.
3.
Menemukan gambaran umum , informasi tertentu/
rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk narrative.
4.
menunjukkan nilai karakter dari pemeran lakon dalam cerita narrative.
5.
Menganalisa
teks narrative berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan.
B.
Psikomotor
1.
Membaca teks Narrative dengan nyaring.
C.
Afektif
Mengembangkan sikap untuk :
1.
menjadi pendengar yang baik.
2.
Berpartisipasi dalam kelompok.
3.
Berbagi pengalaman.
4.
Membandingkan perilaku baik dengan perilaku buruk.
D.
Pendidikan Karakter
Mengembangkan sikap :
1.
toleran
2.
cinta damai,
3.
gemar membaca,
4.
bertanggung jawab.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Kognitif
1. Produk
1.
Disajikan
teks narrative siswa mampu menyimpulkan pesan moral dengan benar.
2.
Disajikan
teks narrative siswa mampu mengkritisi makna dalam teks dengan benar.
2. Proses
1.
Disajikan beberapa gambar dan judul cerita siswa mampu menyebutkan beberapa cerita narrative dengan benar.
2.
Disajikan teks tulis berbentuk narrative
siswa mampu menemukan makna kata/ phrasa dalam teks tersebut dengan benar.
3.
Disajikan
teks tulis berbentuk narrative siswa
mampu menemukan gambaran umum , informasi tertentu/ rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tersebut dengan benar.
4.
Disajikan
teks tulis berbentuk narrative siswa
mampu menunjukkan nilai karakter dari pemeran lakon dalam cerita dengan
benar.
5. Disajikan
teks tulis berbentuk narrative siswa
mampu menganalisa teks tersebut berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri
kebahasaan dengan benar.
B. Psikomotor
1.
Disajikan teks tulis berbentuk narative, siswa mampu membaca teks tersebut dengan nyaring.
C.
Afektif
Dengan model
pembelajaran active learning tipe E2 siswa dapat :
1.
menjadi pendengar yang baik.
2.
Berpartisipasi dalam kelompok.
3.
Berbagi pengalaman.
4.
Membandingkan perilaku baik dengan perilaku buruk.
D.
Pendidikan Karakter
Dengan
model pembelajaran active learning tipe E2 pada text narrative siswa
dapat mengembangkan sikap :
1.
semangat kebangsaan ,
2.
cinta damai,
3.
gemar membaca,
4.
ertanggung jawab.
V. MODEL,PENDEKATAN, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
a.
Model Pembelajaran : Active
Learning
b.
Teknik Pembelajaran
a.
Active Learning tipe E2
b.
Question and Answer
VI. BAHAN AJAR
Teks Narrative:
· Fable
V. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.
PENDAHULUAN
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Awal (+ 10 menit)
1.
Guru memberi salam
2.
memotivasi dengan memberi pertanyaan
“apakah mereka suka membaca ?”
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
1. Siswa membalas sapaan
guru
2. Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
3. Siswa menyimak
penjelasan guru
|
Inti :
Explorasi
1.
Guru meminta siswa untuk menyebutkan beberapa cerita narrative.
2.
Guru meminta siswa untuk membaca contoh
cerita narrative dengan nyaring.
Elaborasi
1. Guru membimbing siswa membentuk
kelompok kecil untuk menyebutkan beberapa cerita narrative.
2.
Guru membimbing siswa
membentuk kelompok kecil
untuk menemukan makna kata/ phrasa
dalam teks narrative.
3. Guru membimbing siswa membentuk kelompok
kecil untuk menemukan gambaran umum , informasi tertentu/
rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk narrative.
4. Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil
untuk menunjukkan nilai karakter dari pemeran lakon dalam cerita narrative.
5. Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil
untuk menganalisa teks narrative
berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan.
6. Guru membimbing siswa
membentuk kelompok kecil untuk menyimpulkan pesan moral dalam teks narrative.
7.
Guru membimbing siswa membentuk kelompok kecil uk kelompok kecil untuk merespond/ mengkritisi makna dalam teks nrrative .
Konfirmasi
1. Guru memberi umpan balik dengan memberi rubrik
evaluasi diri siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa mampu merespon makna
dalam teks narrative.
|
1.
Siswa menyebutkan beberapa cerita
narrative.
2.
Secara bergilir siswa membaca contoh cerita narrative dengan
nyaring.
1. Siswa membentuk
kelompok kecil untuk untuk menyebutkan beberapa cerita narrative.
2. Siswa membentuk
kelompok kecil untuk untuk
menemukan makna kata/ phrasa dalam teks narrative.
3. Siswa membentuk kelompok kecil untuk menemukan gambaran umum , informasi tertentu/
rinci/tersirat , rujukan kata , tujuan komunikatif dari teks tertulis berbentuk narrative.
4. Siswa membentuk kelompok kecil untuk menunjukkan
nilai karakter dari pemeran
lakon dalam cerita.
5.
Siswa membentuk kelompok kecil
untuk menganalisa teks
narrative berdasarkan struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan
6. Siswa membentuk kelompok kecil untuk menyimpulkan pesan moral dalam teks narrative.
7.
Siswa membentuk
kelompok kecil untuk merespond/ mengkritisi makna dalam teks narrative .
1. Siswa melaksanakan
evaluasi diri dengan mengerjakan soal dalam rubrik evauasi diri.
|
Akhir
Closure (10 menit)
1. Guru
memberi evaluasi dengan quiz.
|
1. Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan teks narrative yang diberikan.
|
VI. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Sumber:
1.
Buku teks untuk SMA kelas XI semester I...........
2. Teks-teks
narrative berbentuk
fabel
b.
Media
1.
Gambar
2.
Internet
.......
VII. TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
Sebagai tugas mandiri tidak terstruktur, siswa diminta untuk :
1. menuliskan tentang apa yang mereka pelajari, apa peran pengetahuan
yang dipelajarinya untuk kehidupan mereka sendiri, bagaimana hal ini membuat
mereka merasa, dan sebagainya.
2. benar-benar melakukan nilai
karakter yang
dipelajarinya, baik secara langsung maupun tidak langsung.
3. terlibat dalam berbagai dialog otentik dengan orang lain, di luar
teman-teman sekelasnya (di website, melalui email, SMS atau dalam kehidupan
nyata).
VIII.
EVALUASI
1.
Jenis : Tes tertulis
Bentuk tes : Reading
comprehension questions,
Waktu : 20 menit
Jumlah soal : 10 soal
2.
Jenis : Penilaian Proses
Bentuk tes : 1. Rubrik penilaian karakter
2. Rubrik
penilaian ‘Reading aloud’.
3. Rubrik
penilaian afektif.
Semarang, 2
Juli 2012
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 7 Semarang. Guru Mata Pelajaran,
Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd.,MM Sri Muryati, MPd.
NIP. 19560615 197903 2 005 NIP. 19530515 197903 2 006
No comments:
Post a Comment